Jumat, 08 Maret 2013

Kotoran Telinga soal sepele, bisa jadi masalah | Infonesia kids

        Mungkin, telinga anda sering berbunyi, gatal bahkan tuli. Jangan panik dulu, belum tentu itu tuli selamanya. Bisa jadi, telinga anda bermasalah dengan kotoran telinga. Telinga terus memproduksi kotoran. Jika begitu saja dibiarkan, bisa berakibat fatal. Kotoran menumpuk akan menekan gendang telinga yang berakibat pecah atau infeksinya gendang telinga. Gendang telinga adalah sebuah tulang terkecil didalam tubuh yang akan menangkap semua suara dan akan mengirimkan keotak.

       Pendengaran adalah anugerah yang luar biasa bagi kita. jika tuli, mungkin kita tidak dapat menikmati indahnya suara-suara didunia ini. buy the way, kembali berbicara tentang kotoran telinga. kotoran telinga ada 2 jenis yaitu:

1. Lengket & Lunak
    kotoran telinga jenis ini biasanya bertekstur lengket, bau dan lembek. ciri fisiknya mendekati selai nanas. Penderita akan sangat terganggu dengan keadaan ini. apalagi bagi lubang terlinga berukuran sempit... jika sedikit  menumpuk, mungkin tidak terlalu mengganggu aktivitas anda. tetapi jika menumpuk bertahun-tahun sampai mengganggu dan tuli total. segeralah periksakan telinga anda ke dokter THT (telinga hidung tenggorokan). dengan ditetes sedikit obat dibagian telinga terasa sedikit dingin dan adem. tahap kedua, telinga anda akan dikorek dengan alat khusus yang aman. tahap ketiga, telinga anda anda akan disedot dengan selang berukuran kecil. rasanya seperti ditiup mulut. tahap terakhir, telinga anda akan dialirkan air menggunakan alat khusus alat ini juga akan sedikit berisik seperti suara blender ditelinga anda tapi, tenang saja, tetap aman kok!





2. Keras & Membatu
    kotoran telinga jenis ini sedikit susah dituntaskan. biasanya, dokter akan memberikan obat tetes selama seminggu dipakai 2 kali sehari. dan anda akan disuruh balik lagi ketempat pengobatan. keadaan ini yang paling berpotensi membuat gendang telinga pecah atau infeksi. akibat penakanan yang terlalu keras pada gendang telinga

hanya ini informasi yang kami dapat dari Google dan pengalaman saya sendiri setelah sehari yang lalu dibersihkan telinganya. karena pada jam 3 dini hari telinga saya tuli total. namun sekarang sudah cring-cring kembali. penyakit ini saya derita sejak 3 tahun lalu tapi baru kali ini diperiksakan kedokter! penyakit saya kadang kambuh kadang tidak (itu dulu sekarang jelas sekali) jaga kesehatan telinga ya guys-kids!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar